Rabu, 22 Oktober 2008

   


Masalah Pendidikan di indonesia

Pendidikan merupakan faktor utama dalam mebentuk baik buruknya pribadi manusia secara normatif. Pendidikan yang diperoleh anak tidak hanya di sekolah akan tetapi semua faktor bisa dijadikan sumber pendidikan. Dewasa ini dengan pesatnya teknologi serta perkembangan zaman, banyak siswa yang mengalami kemunduran dalam prestasi belajar.
Menurut Rena Istri Wangi, masalah pendidikan di Indonesia bisa disebabkan oleh kurang optimalnya sistem pendidikan, sistem pendidikan yang sering berganti-ganti, pendidikan yang mahal, yang mengakibatkan para orang tua merasa kesulitan untuk membiayai sekolah anaknya.

Selain permasalahan di atas, menurut Mihael "D.B." Ellinsworth masalah pendidikan bisa disebabkan dari faktor siswanya sendiri karena pengaruh lingkungan.Siswa masa kini kurang disiplin atau kurang menghargai, menghormati orang tua maupun guru, tidak ada rasa malu bila melakukan kesalahan, semisal membawa HP yang memuat video atau gambar porno, DUGEM atau dunia gemerlap dijalaninya, apalagi fasilitas warnet yang sangat terbuka dan melindungi privacynya yang membuat para siswa enjoy untuk melakukannya dan malas untuk mengerjakan tugas atau belajar di rumah.

Permasalahan pendidikan di Indonesia yang dikemukakan oleh Rena Istri Wangi senada yang dikemukakan oleh Nelson Tansu yaitu terlalu seringnya sistem pendidikan digonta-ganti tergantung kondisi politik. Permasalahan pendidikan yang ada saat ini masih akan berjalan terus jika kondisi semacam itu tidak diubah untuk dibenahi. Dengan demikian kecil harapan pendidikan bisa lebih maju/baik. Pendidikan jika dipolitisir maka sampai kapanpun pendidikan di Indonesia sulit untuk maju.

Dengan melihat permasalahan-permasalah di atas, bagaimana agar pendidikan kita bisa maju dan bersaing dengan Negara lain, tidak bisa dipandang dari segi kurikulumnya saja, akan tetapi dari semua pihak baik lingkungan, orang tua, guru dan pemerintah. Jika semua aspek menyadari pentingnya pendidikan untuk anak bangsa, permasalahan pendidikan di Indonesia akan teratasi dan akan lebih baik dari Negara manapun.


Daftar Pustaka

Istri Wangi, Rena. Masalah pendidikan di Indonesia. http://re-searchengines.com/0607rena.html.
Ellinsworth, Mihael "D.B.". Masalah Pendidikan di indonesia.

------. Masalah Pendidikan Menurut Nelson Tansu. http://urip.wordpress.com/2006/10/27/masalah-pendidikan-menurut-nelson-tansu/





Tidak ada komentar: