Minggu, 21 Juni 2009

RPP Magnet

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah : SMP Muhammadiyah 8 Batu
Kelas / Semester : IX / Genap
Mata Pelajaran : IPA


Standar Kompetensi
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet

Indikator
Menunjukkan sifat kutub magnet
Melakukan pengamatan benda magnetik dan non magnetik
Mempraktikan cara membuat magnet dan mendemonstrasikan cara menghilangkan sifat kemagnetan
Memaparkan teori kemagnetan bumi
Mengamati garis-garis gaya magnet.
Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik

Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran ( 5 x pertemuan )



A. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat menunjukkan sifat kutub magnet.
• Siswa dapat mengetahui perbedaan benda magnetik dan non magnetik.
• Siswa dapat menjelaskan cara membuat magnet dan menghilangkan sifat kemagnetan
• Siswa dapat menjelaskan teori kemagnetan bumi.
• Siswa dapat menjelaskan garis-garis gaya magnet pada magnet yang berbeda bentuknya..
• Siswa dapat menjelaskan medan magnet di sekitar kawat berarus.

B. Materi Pembelajaran: Gejala kemagnetan dan cara membuat magnet

C. Metode Pembelajaran
1. Model : Kooperatif learning
2. Metode : Diskusi kelompok, Ceramah, Informasi, Praktikum, Demonstrasi, Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan:

1. Pertemuan Pertama

a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apresepsi
- Benda apakah yang dapat menarik logam?
Prasyarat Pengetahuan
- kutub-kutub magnet terdiri dari?
- Apa perbedaan benda magnetic dan non magnetic?
- Apa perbedaan deklinasi dan inklinasi?
b. Kegiatan Inti
Setelah mengetahui magnet batang, Guru menjelaskan karakteristik magnet.
Dari hasil penjelasan karakteristik tentang magnet, siswa melakukan percobaan untuk membedakan benda-benda magnetic dan non magnetic.
Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengetahui perbedaan benda magnetic dan non magnetic.
Dari hasil diskusi kelompok, kemudian diadakan diskusi kelas yang dipandu guru untuk melihat hasil presentasi masing-masing kelompok.
Dari hasil presentasi tiap-tiap kelompok, guru menjelaskan mengenai sifat kutub magnet, benda magnetic dan non magnetic, serta contoh benda-benda ferromagnetic, paramagnetic dan diamagnetic

c. Kegiatan Penutup
Mengadakan Tanya jawab tentang benda-benda magnetic dan non magnetic, serta sifat kutub-kutub magnet.
Guru menyimpulkan hasil pembelajaran kali ini.


2. Pertemuan Kedua

a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apresepsi
- Benda apakah yang dapat menarik logam?
Prasyarat Pengetahuan
- kutub-kutub magnet terdiri dari?
- Apa perbedaan benda magnetic dan non magnetic?
- Apa perbedaan deklinasi dan inklinasi?
b. Kegiatan Inti
Setelah mengetahui magnet batang, Guru menjelaskan karakteristik magnet.
Dari hasil penjelasan karakteristik tentang magnet, siswa melakukan percobaan untuk membedakan benda-benda magnetic dan non magnetic.
Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengetahui perbedaan benda magnetic dan non magnetic.
Dari hasil diskusi kelompok, kemudian diadakan diskusi kelas yang dipandu guru untuk melihat hasil presentasi masing-masing kelompok.
Dari hasil presentasi tiap-tiap kelompok, guru menjelaskan mengenai sifat kutub magnet, benda magnetic dan non magnetic, serta contoh benda-benda ferromagnetic, paramagnetic dan diamagnetic

d. Kegiatan Penutup
Mengadakan Tanya jawab tentang benda-benda magnetic dan non magnetic, serta sifat kutub-kutub magnet.
Guru menyimpulkan hasil pembelajaran kali ini.


3. Pertemuan Ketiga

a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apresepsi
- Benda apakah yang dapat menarik logam?
Prasyarat Pengetahuan
- kutub-kutub magnet terdiri dari?
- Apa perbedaan benda magnetic dan non magnetic?
- Apa perbedaan deklinasi dan inklinasi?
b. Kegiatan Inti
Setelah mengetahui magnet batang, Guru menjelaskan karakteristik magnet.
Dari hasil penjelasan karakteristik tentang magnet, siswa melakukan percobaan untuk membedakan benda-benda magnetic dan non magnetic.
Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengetahui perbedaan benda magnetic dan non magnetic.
Dari hasil diskusi kelompok, kemudian diadakan diskusi kelas yang dipandu guru untuk melihat hasil presentasi masing-masing kelompok.
Dari hasil presentasi tiap-tiap kelompok, guru menjelaskan mengenai sifat kutub magnet, benda magnetic dan non magnetic, serta contoh benda-benda ferromagnetic, paramagnetic dan diamagnetic

e. Kegiatan Penutup
Mengadakan Tanya jawab tentang benda-benda magnetic dan non magnetic, serta sifat kutub-kutub magnet.
Guru menyimpulkan hasil pembelajaran kali

4. Pertemuan Keempat

a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apresepsi
- Benda apakah yang dapat menarik logam?
Prasyarat Pengetahuan
- kutub-kutub magnet terdiri dari?
- Apa perbedaan benda magnetic dan non magnetic?
- Apa perbedaan deklinasi dan inklinasi?
b. Kegiatan Inti
Setelah mengetahui magnet batang, Guru menjelaskan karakteristik magnet.
Dari hasil penjelasan karakteristik tentang magnet, siswa melakukan percobaan untuk membedakan benda-benda magnetic dan non magnetic.
Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengetahui perbedaan benda magnetic dan non magnetic.
Dari hasil diskusi kelompok, kemudian diadakan diskusi kelas yang dipandu guru untuk melihat hasil presentasi masing-masing kelompok.
Dari hasil presentasi tiap-tiap kelompok, guru menjelaskan mengenai sifat kutub magnet, benda magnetic dan non magnetic, serta contoh benda-benda ferromagnetic, paramagnetic dan diamagnetic

f. Kegiatan Penutup
Mengadakan Tanya jawab tentang benda-benda magnetic dan non magnetic, serta sifat kutub-kutub magnet.
Guru menyimpulkan hasil pembelajaran kali

5. Pertemuan Kelima

a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apresepsi
- Benda apakah yang dapat menarik logam?
Prasyarat Pengetahuan
- kutub-kutub magnet terdiri dari?
- Apa perbedaan benda magnetic dan non magnetic?
- Apa perbedaan deklinasi dan inklinasi?
b. Kegiatan Inti
Setelah mengetahui magnet batang, Guru menjelaskan karakteristik magnet.
Dari hasil penjelasan karakteristik tentang magnet, siswa melakukan percobaan untuk membedakan benda-benda magnetic dan non magnetic.
Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengetahui perbedaan benda magnetic dan non magnetic.
Dari hasil diskusi kelompok, kemudian diadakan diskusi kelas yang dipandu guru untuk melihat hasil presentasi masing-masing kelompok.
Dari hasil presentasi tiap-tiap kelompok, guru menjelaskan mengenai sifat kutub magnet, benda magnetic dan non magnetic, serta contoh benda-benda ferromagnetic, paramagnetic dan diamagnetic

g. Kegiatan Penutup
Mengadakan Tanya jawab tentang benda-benda magnetic dan non magnetic, serta sifat kutub-kutub magnet.
Guru menyimpulkan hasil pembelajaran kali

E. sumber Belajar
Magnet batang, besi, timah, plastic, kayu, kertas, batu, kuningan, alumunium, tembaga, sendok, seng, kobalt, LKS ( Mustika).

F. Penilaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian:
Tes tulis
Tes Unjuk Kerja

b. Bentuk Instrumen:
Pilihan Ganda
Uji petik kerja produk
Uji petik kerja produk dan prosedur

c. Instrumen:

- Instrumen tes pilihan ganda:

Tidak ada komentar: